Search
  • Christian Widjaja

3 Tahapan Pelapisan Ucrete BASF Pada Lantai Beton

Saat membahas tentang Epoxy Flooring, maka hal ini pun juga akan dikaitkan dengan istilah Ucrete yang mana terdapat pula merk Ucrete BASF yang dipercaya oleh banyak orang. Tentunya sebelum mengenal apa itu Ucrete, maka akan jauh lebih baik lagi untuk mengenal apa itu yang dimaksud dengan Epoxy Flooring. Ini merupakan suatu aktivitas untuk melapisi lantai beton dengan lebih baik dan berkualitas lagi sehingga semuanya telah memiliki standar ISO.

Cara Mengaplikasikan Ucrete BASF Pada Lantai Beton

Meskipun sudah mengetahui tentang metode Epoxy Flooring, tidak banyak yang tahu bahwa lantai yang dilapisi itu haruslah berstandar ISO. Lantai yang dilapisi itu haruslah sangat aman ketika nantinya digunakan untuk mendukug banyak sekali pekerjaan, lantai pun juga harus sangat aman dari berbagai jenis bahan kimia, lantai harus kuat atau kokoh termasuk pula higienis. Berbicara tentang Epoxy Flooring, istilah Ucrete BASF tentu tidak asing lagi bagi mereka yang terlibat disini.

Ucrete ini juga merupakan suatu proses tahapan pelapisan dari lantai beton tapi dengan memakai bahan yang beda. Fungsi dari Ucrete ini juga sama saja seperti Epoxy lantai namun campuran bahan yang digunakan berbeda. Meskipun berbeda, ini tidak berarti kalau Ucrete itu tidak berkualitas sama sekali. Masing-masing bahan tentu ada keunggulannya dan untuk lebih tahu lagi tentang Ucrete ini, akan lebih baik kalau Anda mengenal beberapa tahapan dalam aplikasi lantai itu sebagai berikut:

  • Mempersiapkan permukaan

Tahapan yang satu ini juga dikenal dengan Surface Preparation yang merupakan tahapan paling awal dalam proses pelapisan dimana disini Anda harus membersihkan lebih dulu lantainya yang mau diaplikasikan Ucrete BASF. Ini bertujuan supaya proses dari aplikasi Ucrete ini dapat dilakukan dengan baik. Banyak sekali hal yang perlu dibersihkan dari lantai tersebut seperti oli, minyak, sisa semen dan sebagainya yang dapat mengganggu proses aplikasi Ucrete di lantai yang dipilih itu.

  • Memberikan lapisan primer

Proses yang kedua ini sering dikenal dengan Scratch Coat dan pada tahap ini, proses pelapisan yang pertama dari lantai beton itu akan dilakukan menggunakan Ucrete. Ketika melakukannya, Anda harus mencampurkan lebih dulu bahan Ucrete 1 dengan bahan Ucrete 2 menggunakan alat yang khusus sehingga tercipta adonan atau pasta dari Ucrete ini setelah dicampurkan selama 1 menit. Setelah itu, cobalah masukkan lagi bahan Ucrete 3 ditambah dengan Ucrete Liquid yang akan memberikan warna sembari tetap diaduk hingga homogen di dalamnya berkurang selama 2 menit. Setelah pencampuran bahan ini selesai, maka adonan dari Ucrete pun juga siap untuk digunakan pada lantai beton ini. Proses pengaplikasiannya menggunakan Hand Steel Towell dan tebalnya lapisan adalah sekitar 800 micron.

  • Top Coat

Setelah proses lapisan yang pertama selesai, maka pemberian lapisan atas pun dilakukan namun dengan jarak enam sampai tujuh jam setelah yang pertama. Sebenarnya lantai dapat segera digunakan untuk melakukan kegiatan dalam kurun waktu satu hari setelah lapisan atas itu diaplikasikan dan suhu yang dibutuhkan adalah 30 derajat celcius.

Menggunakan Ucrete dipercaya bisa membuat lantai beton yang semula kasar menjadi jauh lebih aman, kokoh, kuat, higienis serta lebih tahan lama untuk mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan dan berkualitas dimana contoh penerapan Ucrete BASF ini seringkali terlihat di suatu perusahaan besar seperti halnya industri rumah sakit, hotel dan sebagainya yang membuat lantai lebih baik khususnya ketika dipijak oleh banyak orang.

12 views0 comments

Recent Posts

See All

Lantai suatu bangunan baik itu rumah atau perusahaan sangat penting sebab tempat untuk melakukan berbagai kegiatan adalah di lantai sehingga lantai harus menjadi pijakan yang kuat dan untuk mendapatka